Fragmen Ta’limul Muta’allim Karya Syaikh Zarnuji

Belakangan ini saya cenderung lebih suka  berbagi tulisan pada kitab yang telah saya baca dibandingkan menulis.

Kali ini saya kembali berbagi sub pasal berjudul Metoda Menghafal dari kitab Ta’limul Muta’allim yang diterjemahkan oleh Drs. H. Aliy As’ad terbitan Menara Kudus pada 2007.


FASAL 6: Permulaan Belajar, Kapasitas dan Tatib Belajar

N. Methoda Menghafal

Hendaklah pelajar menentukan target yang pas untuk hafalannya sendiri, karena hati belum merasa puas jika hafalannya belum memenuhi target tersebut..

Dianjurkan agar murid menghafal pelajaran hari kemarin berulang lima kali, pelajaran lusa berulang empat kali, pelajaran kemarin lusa  tiga kali, pelajaran hari sebulum itu dua kali, dan pelajaran hari sebelumnya lagi cukup satu kali. Cara seperti ini dapat lebih mempercepat hafal.

Hendaknya tidak membiasakan suara liri/membisik dalam menghafal, karena belajar dan menghadalkanya justru dianjurkan dengan suara kuat dengan penuh semangat. Tapi jangan terlalu lantang dan jangan pula membuat diri sendiri kepayahan sehingga tidak bisa lagi belajar; “Sebagus-bagusnya perkara adalah yang sedengan”.

Hikayat Syaikh Abu Yusuf RA, beliau berdiskusi fiqih bersama ahli fiqih dengan suara keras dan penuh semangat sedemikian rupa sehingga iparnya merasa kagum dan katanya, “Saya tahu betul bahwa dia kelaparan semenjak lima hari, tapi tetap bersuara keras dan penuh semangat dalam berdiskusi.”


CATATAN: Saya menjiplak sesuai buku, kecuali beberapa tanda baca yang saya rasa kurang efisien.

Abdulquddus, Selasa 23 Shofar 1438 (22/11/2016)

Sumber gambar utama: islamiclife.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s