Kisah Mullah dan Keledai

Bahan ini disalin dari buku Tiada Sufi Tanpa Humor: Menggelitik Sanubari, Menertawakan Diri Sendiri, Agar Terus Berlari Menuju Ilahi karya Imam Jamal Rahman terbitan Serambi (Jakarta: 2014), halaman 74-75, Bab Kelemahan dan Kerapuhan.

Mengambil sebagian, tanpa pengubahan, kecuali susunan alinea.

Kita semua membuat berbagai alasan untuk berbagai kelalaian dan kemalasan kita, tetapi apakah Anda pernah merenungkan bahwa alasan itu adalah bentuk lain dari berbohong? Bacalah kisah Mullah dengan berbagai alasannya ketika tetangga ingin meminjam keledainya.

“Aku sangat menyesal,” kata Mullah, “tetapi aku baru saja meminjamkannya kepada orang lain. Andaikan kau datang satu jam lebih awal.”

[KBBI] ilmu tasawuf ilmu tentang kesucian diri secara lahir dan batin untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah guna mencapai makrifat Allah

Lalu tiba-tiba keledai Mullah di kandang meringkik. Tetangganya berseru, “Tapi, Mullah, aku bisa mendengar keledaimu!”

Pura-pura marah, Mullah menjawab marah, “Siapa yang akan kau percaya–aku atau keledai itu?” Sambil menutup pintu, Mullah bergumam, “Seorang teman yang lebih memercayai ringkikan keledai daripada ucapanku tidak pantas dipinjamkan apa pun.”

Dan kita? Apa alasan kita? Apa pun alasan yang kita miliki, kita harus menyadari bahwa semua alasan itu benar-benar melukai jiwa kita.

“Jiwa mencintai kebenaran,” ujar orang bijak sufi dan, ketika kita membangun perancah rumit dipenuhi kebohongan kecil untuk menutup keengganan kita, hal ini menciptakan tekanan yang besar pada jiwa.

Kita bisa sama kreatifnya seperti Mullah ketika menciptakan berbagai alasan untuk menghindari pekerjaan spiritual, tetapi jika kita menggunakan kecerdikan dan ketekunan yang sama untuk “melakukannya”, maka kita mungkin akan menjadi tercerahkan hampir sepanjang waktu!


Abdulquddus

Sabtu, 22 Dzulhijjah 1437 Hijriah (24/9/2016).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s